Jalur Pendakian Gunung Sindoro Via Bansari

Mendengar jalur pendakian Gunung Sindoro, mungkin langsung terlintas di benak para pendaki adalah jalur pendakian via Kledung dan jalur Tambi, Dieng. Kedua jalur tersebut adalah jalur yang sangat umum dilalui pendaki untuk mendaki Gunung dengan ketinggian 3153 mdpl ini. Jalur Kledung sering dipilih oleh para pendaki karena titik awal pendakian yang mudah dijangkau oleh kendaraan umum, terletak sekitar 500 m dari jalan raya Temanggung-Wonosobo. Kemudian jalur Tambi juga sering dipilih lantaran dekat dengan kawasan wisata Dieng, Wonosobo.

Dalam perkembangannya, jalur pendakian di gunung Sindoro telah bertambah. Salah satu jalur yang kami perkenalkan disini adalah jalur Bansari, Temanggung, Jawa Tengah. Terletak di Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, merupakan kecamatan baru hasil pemekaran dari Kecamatan Parakan. Mayoritas penduduk disini bekerja sebagai petani. Didukung dengan hawa pegunungan yang sejuk, daerah ini juga menjadi salah satu penghasil tembakau terbaik di Indonesia.

Pendakian melalui Jalur Bansari diawali dari basecamp KOMPAS Bansari yaitu OPA yang mengelola jalur Bansari tersebut. Kemudian tantangan dimulai ketika kita berjalan kaki menyusuri jalanan berbatu diantara rumah-rumah penduduk dan ladang pertanian yang panjang. Setelah berjuang melalui jalan berbatu, tibalah di pertigaan jalur. Dimana apabila mengikuti jalan berbatu, kita akan kembali lagi ke pemukiman penduduk. Untuk melanjutkan perjalanan, tinggal mengikuti jalur tanah yang mengarah ke atas atau ke arah barat. Di persimpangan ini juga terdapat pos 1 Sedempul, sebuah bangunan beratap yang dapat dimanfaatkan untuk beristirahat.

Jalur Bansari mempunyai 6 pos. Yaitu Pos Sedempul, Turunan, Tunggangan, Saoma, Mlelan, dan Manisrejo.

Untuk gambaran umum jalur, dari pos Sedempul ke pos Tunggangan merupakan hutan milik perhutani. Kemudian dari pos Tunggangan ke pos Saoma merupakan daerah hutan lindung. Antara pos Saoma dan pos Mlalen adalah perbatasan antara hutan lindung dengan padang sabana, jadi masih ada sedikit pohon disana. Dan dari pos Mlalen ke pos Manisrejo terbentang hamparan padang rumput dan di tumbuhi banyak tanaman edelweis.

Adapun beberapa kelebihan dari jalur bansari ini adalah:

-       Adanya sumber mata air di pos Tunggangan dan pos Saoma.
-       Hutan yang masih cukup lebat dibanding jalur pendakian Gunung Sindoro yang lain.
-        Jalur yang relatif landai.

Sumber mata air di pos Tunggangan, berjarak sekitar 200 m ke arah utara dari bangunan pos. Merupakan jalur sungai yang penuh dengan air di musim hujan(April 2011). Apabila di musim kemarau, tidak ada air mengalir di sungai tersebut, akan tetapi setelah menjumpai bekas aliran tersebut, berjalan kakilah sedikit ke atas mengikuti bekas aliran. Terdapat jumlah air yang lumayan banyak untuk disimpan sebagai persediaan (Juli 2012).

Kemudian menurut info dari pihak KOMPAS Bansari, terdapat pula air di sisi utara pos Saoma. Berjalan menurun sekitar 200 m. Untuk ketersediaan, musim penghujan maupun musim kemarau masih dapat dimanfaatkan(2012).

Akses menuju titik awal Pendakian:

Gambaran Umum Letak Parakan

 gambaran umum parakan

 

Menggunakan Transportasi Bus

Dari Bandung:

Bis ‘Budiman’, ‘Sinar jaya’. Jurusan Wonosobo.
Harga tiket: Rp. 60.000(Sinar Jaya), Rp. 70.000(Budiman)

Bis dari Bandung-Purwokerto-Parakan.

Bis AC jurusan Bandung-Purwokerto: Rp. 50.000,-
Bis Ekonomi Jurusan Purwokerto-Semarang(turun Parakan): Rp. 25.000,-

Dari Jakarta:

Bis ‘Sinar Jaya’, ‘Pahala Kencana’, ‘Malino Putra’. Jurusan Wonosobo.

Dari Wonosobo, naik bis sedang jurusan Wonosobo-Magelang,atau Wonosobo-Sukorejo. Turun di Parakan. Rp.7000,-

Dari Jogjakarta, turun di Secang, oper bis jurusan Wonosobo/Purwokerto. Turun Parakan.

Dari Semarang, naik Bis Jurusan Semarang-Purwokerto. Turun Parakan.

Angkutan alternatif:

Bis sedang jurusan Magelang-Wonosobo, turun Parakan. Rp 8.000,-
Bis sedang jurusan Ambarawa-Parakan.

Menggunakan Transportasi Kereta

Dari stasiun Lempuyangan/stasiun Tugu Yogyakarta, naik Trans Jogja ke Terminal Giwangan. Naik bis jurusan Semarang. Turun di Secang. Oper bis ke arah Parakan/Wonosobo/Purwokerto.

 Peta Akses Dari Parakan ke Bansari

peta akses ke kec. bansari

 

 

Tiba di Parakan, anda dapat berbelanja keperluan logistik di Pasar Parakan.

Untuk menuju ke basecamp pendakian jalur Bansari, anda dapat menggunakan jasa Angkutan Desa atau Ojek.

Angkutan Desa dan Ojek tersedia di pertigaan antara Terminal dan Pasar Parakan.
Untuk angkutan desa, Rp. 3.000 – Rp 5.000.
Untuk Ojek, Rp. 6.000 – Rp 7.000.

Turun di Masjid Banaran. Berjalan naik sekitar 100m ke arah barat. Di sebelah kanan jalan ada basecamp pendakian Gunung Sindoro. Untuk Informasi pendakian, dapat menghubungi mas Gondez Kompas(085842813893).

Dokumentasi:

Pesona Sumbing

Pesona Sumbing Dari Sindoro

Abud
P.VI.008.049.PR