Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan merupakan pulau kecil di wilayah terluar kabupaten Banyuwangi. Dengan luas wilayah kurang lebih seluas 5 hektar, pulau Tabuhan menyuguhkan panorama keindahan bibir pantai dengan pasir putih dan hijaunya terumbu karang yang terlihat dari permukaan air laut. Dahulu kala pulau ini merupakan tempat persinggahan nelayan lokal untuk beristirahat atau tempat berlindung ketika terjadi air pasang di selat bali, namun seiring berkembangnya komoditi pariwisata di kabupaten Banyuwangi pemerintah setempat menggandeng beberapa instansi terkait untuk menggembangkan pulau tabuhan sebagai salah satu destinasi wisata baik lokal maunpun wisatawan mancanegara.

Terletak diwilayah timur perairan yang berbatasan dengan pulau Bali, pulau tabuhan masih termasuk kedalam wilayah desa Bangsring kecamatan Wonsorejo atau 20 km dari pusat kota Banyuwangi. Pulau tabuhan dapat diakses menggunakan kendaraan umum berwarna kuning dari pelabuhan Ketapang maupun stasiun kereta Banyuwangi baru. Setelah tiba di desa Bangsring alangkah baiknya anda menikmati terlebih dahulu pusat konservasi terumbu karang yang terdapat di desa tersebut, kemudian dilanjutkan menuju pulau tujuan menggunakan kapal nelayan setempat. Dengan biaya sebesar Rp 100 ribu anda sudah bisa menikmati keindahan panorama laut di pulau tak berpenghuni tersebut. Pemandangan alam bawah lautnya sangat mempesona.

Pulau Tabuhan sangat cocok untuk scuba diving maupun snorkling, atau untuk melakukan kegiatan di laut lainnya seperti berenang bersama hewan-hewan laut karena airnya sangat jernih. Ada berbagai terumbu karang yang menjadi rumah bagi para ikan karang, bunga karang, udang karang, dan berbagai tumbuhnya laut. Penulis menyarankan bagi anda yang ingin mengunjungi pulau tersebut untuk berangkat pada pagi hari serta membawa perbekalan makanan dan minuman karena setibanya disana anda seakan merasakan pulau tersebut milik pribadi.

Gundul

P.VI.002.043.PR