SIARAN PERS DAN PERNYATAAN SIKAP ORGANISASI TERHADAP ACARA MARI PIKNIK 2016  

Salam Lestari,

Menanggapi banyaknya saran, kritik dan masukan yang datangnya tidak dapat kami sebutkan satu persatu tentang acara MARI PIKNIK 2016, perkenankan kami dari Panitia penyelenggara acara MARI PIKNIK 2016, menyampaikan beberapa hal terkait dengan hal tersebut.

MARI PIKNIK merupakan salah satu program kerja yang dibuat oleh Badan Pengurus Harian (BPH) 2015-2016 dan Anggota Muda PERIMATRIK yang tergabung dalam Panitia MARI PIKNIK 2016. Setiap tahunnya PERIMATRIK membuat program kerja untuk menjalin silaturahmi dengan pihak eksternal organisasi. Dimana tahun ini salah satu dari program kerja tersebut adalah MARI PIKNIK 2016.

Selanjutnya pemilihan lokasi MARI PIKNIK 2016 ini jatuh pada Tegal Panjang, ada beberapa pertimbangan kenapa kami memilih lokasi tersebut, pertama karena lokasi ini mudah dijangkau oleh peserta sebab cukup ditempuh dalam kurun waktu 3-4 jam, pemandangan yang bagus dan lokasi yang dianggap sesuai untuk dijadikan tempat diskusi dan berbagi edukasi perihal  kawasan tersebut sebagai kawasan konservasi. Adapun konten acara yang akan dilakukan adalah fun hiking, camping, ngopi dan diskusi, serta sunrise attack yang telah tertera di poster MARI PIKNIK 2016. Acara ngopi dan diskusi pun rencananya akan membahas perihal konservasi dan akan menghadirkan narasumber yang sesuai.

Karena sebelumnya informasi yang kami dapat dari berbagai pihak tidak ada kejelasan mengenai siapa yang mengeluarkan izin untuk melakukan kegiatan di Tegal Panjang, maka panitia melakukan survei pada tanggal 19-20 Agustus untuk mengurus kepastian perizinan. Saat tiba di lokasi kami meminta izin kepada pihak Karang Taruna desa Papandayan dan mendapat sambutan yang baik dikarenakan acara ini diselenggarakan oleh Mapala dan mengandung unsur edukasi. Selebihnya pihak karang taruna desa setempat menghimbau untuk tidak membuat api unggun dan membawa senjata tajam.

7 September 2016, berbagai kritik, saran dan informasi muncul melalui media sosial PERIMATRIK terutama pada bagian komentar poster MARI PIKNIK 2016 yang telah diunggah di instagram PERIMATRIK. Melalui komentar tersebut, kami ketahui Tegal Panjang adalah cagar alam yang benar-benar tidak boleh digunakan sebagai lokasi untuk acara ini berlangsung, sekalipun salah satu  konten acara yang kami masukkan berupa diskusi seputar konservasi yang akan menghadirkan narasumber. Sesuatu yang mesti diakui telah luput dari perhatian kami.

Dengan adanya hal tersebut maka kami dari Panitia MARI PIKNIK 2016 mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala informasi yang diberikan kepada kami. Tak lupa kami juga memohon maaf yang sebesar – besarnya apabila segala bentuk publikasi kami tentang acara MARI PIKNIK 2016 yang mencantumkan Tegal Panjang sebagai lokasi acara telah mengganggu kenyamanan berbagai kalangan.

Dengan ini kami Panitia MARI PIKNIK 2016 menyatakan untuk memindahkan lokasi acara karena berbagai pertimbangan dari anggota yang dirasa pemilihan lokasi Tegal Panjang ternyata kurang relevan. Kami tidak ingin pemilihan lokasi ini menjadi masalah yang berlarut-larut  dan dibahas oleh berbagai pihak selain itu kami menghindari adanya kemungkinan perselisihan dengan pihak tertentu  jika tetap memilih lokasi Tegal Panjang.

Selanjutnya MARI PIKNIK 2016 akan tetap berlangsung, untuk waktu dan lokasi akan kami publikasikan secepat-cepatnya.

Atas nama Organisasi PERIMATRIK Telkom University kami juga menyatakan sikap dengan mendukung sepenuhnya terhadap segala upaya untuk menyelamatkan kawasan Tegal Panjang yang kini dikampanyekan oleh berbagai pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Selanjutnya konten publikasi yang mengandung unsur MARI PIKNIK 2016 yang menyertakan Tegal Panjang sebagai lokasi akan kami hapus dalam kurun waktu kurang dari 1 minggu.

Demikian press release serta penyataan sikap organisasi ini kami buat sebaik-baiknya, sebagai bentuk pertanggung jawaban kami selaku Organisasi dan Penyelenggara. Atas perhatianya kami ucapakan terima kasih yang sebesar-besarnya.

                                                                                                                                   Bandung,

7 September 2016

                                                                                                                                                      PERIMATRIK

  • Rudy Praja

    Salut..dan merinding baca nya