Selamat Hari Kebahagiaan Internasional

Kebahagiaan atau kegembiraan adalah suatu keadaan dimana pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan yang intens. Kebahagiaan adalah hak setiap orang di dunia ini tanpa terkecuali. Setiap orang berhak untuk merasakan kebahagiaan!

Gambar ilustrasi (anj-group.com)

Gambar ilustrasi (anj-group.com)

Menurut Aristoteles (dalam Adler, 2003) “happiness atau kebahagiaan berasal dari kata “happy” atau bahagia yang berarti feeling good, having fun, having a good time, atau sesuatu yang membuat pengalaman yang menyenangkan.”

Begitu juga Sumner (dalam Veenhoven, 2006) menggambarkan kebahagiaan sebagai “memiliki sejenis sikap positif terhadap kehidupan, dimana sepenuhnya merupakan bentuk dari kepemilikan komponen kognitif dan afektif. Aspek kognitif dari kebahagiaan terdiri dari suatu evaluasi positif terhadap kehidupan, yang diukur baik melalui standard atau harapan, dari segi afektif kebahagiaan terdiri dari apa yang kita sebut secara umum sebagai suatu rasa kesejahteraan (sense of well being), menemukan kekayaan hidup atau menguntungkan atau perasaan puas atau dipenuhi oleh hal-hal tersebut.”

Sejak tahun 2012 setiap tanggal 20 maret ditetapkan sebagai Hari Kebahagiaan Internasional. Berawal dari negara kecil di Himalaya yaitu Bhutan yang membujuk Majelis Umum PBB untuk menetapan “International Day of Happiness” yang kemudian disepakati dan ditetapkan jatuh setiap tanggal 20 maret di seluruh dunia.

Tingkat kebahagiaan setiap negara dinilai berdasarkan beberapa aspek, antara lain; pendapatan perkapita, dukungan sosial, hidup yang sehat, kebebasan sosial, kedermawanan, serta level korupsi.

PBB melalui World Happiness Report telah mengumumkan survei tentang keadaan kebahagiaan global pada tanggal 14 maret 2018. World Happiness Report memberi peringkat 156 negara di dunia berdasarkan tingkat kebahagiaan penduduk di tiap negara, dan 117 negara karena kebahagiaan para imigran mereka.

Tahun 2018 predikat negara paling bahagia di seluruh dunia jatuh pada negara Finlandia dengan torehan skor 7.632. Tahun ini Finlandia berhasil menggeser Norwegia yang notabene peringkat pertama negara paling bahagia tahun 2017. Posisi kedua saat ini diduduki oleh Norwegia dengan skor 7.594. posisi ketiga sampai kesepuluh berturut-turut diduduki oleh Denmark, Islandia, Swiss, Belanda, Kanada, Selandia Baru, Swedia, dan Australia.

Lantas Indonesia, negara kita tercinta ini mendapatkan posisi berapa? Tahun 2018 ini Indonesia mendapat peringkat ke-96 dengan skor 5.093. Berbeda dengan tahun lalu, tahun 2017 Indonesia bertengger pada posisi ke-81 dengan perolehan skor 5.262.

Di Asia Tenggara Indonesia berada pada urutan ke-6 dari total 9 negara yang diberi peringkat oleh World Happiness Report. Tingkat kebahagiaan di Indonesia tahun 2018 masih kalah dengan negara-negara tetangga di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Terlebih lagi dengan negara tetangga yang berada di sebelah selatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yaitu Australia yang pada tahun ini masuk dalam daftar 10 besar negara-negara paling bahagia di dunia dengan menduduki posisi ke-10.

Peringkat kebahagiaan negara-negara di Asia Tenggara tahun 2018 berdasarkan survei World Happiness Report.

Peringkat kebahagiaan negara-negara di Asia Tenggara tahun 2018 berdasarkan survei World Happiness Report.

Ada apa dengan Indonesia? Ada apa dengan kebahagiaan di Indonesia? Akankah di tahun 2019 peringkat Indonesia akan naik? Atau malah mengalami kemerosotan? Tunggu satu tahun lagi! Ahahahahaha

Secuil kebahagiaan kami, bagian kecil dari NKRI yaitu PERIMATRIK (PERIMATRIK)

Secuil kebahagiaan kami, bagian kecil dari NKRI yaitu PERIMATRIK (PERIMATRIK)

Apakah kebahagiaan hanya dapat diukur dengan keenam aspek tersebut? Ohh tentu saja tidak menurutku! Apakah kalian semua juga setuju? Kutunggu jawaban kalian di kolom komentar!

Oh iya, kalian jangan lupa bahagia yaaa gengs! Walaupun masih JOMBLO, kalian juga bisa merasakan kebahagiaan kok. Berbahagialah sebelum bahagia itu dilarang! Hahahahahaha

Salam liarrr!!!!

Sumber:

definisimenurutparaahli.blogspot.co.id | Worldhappiness.report | anj-group.com